Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan pada pelajaran bahasa arab di mts hasanah pekanbaru

Robi Awaludin, - (2019) penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan pada pelajaran bahasa arab di mts hasanah pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
UPLOAD ROBI AWALUDIN_archive.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Robi awaludin, (2019): penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan dalam pelajaran bahasa arab di MTS HASANAH PEKANBARU. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan dalam pelajaran bahasa arab di MTS HASANAH PEKANBARU. dengan melihat ada tidaknya peningkatan maharah qiroah siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “penerapan metode jigsaw efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan dalam pelajaran bahasa arab di MTS HASANAH PEKANBARU? Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 201٩/20٢٠, dengan sampel siswa kelas VIIa dan VIIb di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIa dan VIIb di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru dan objek penelitian adalah penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan. siswa kelas VII pada mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan pada mata pelajaran bahasa Arab antara kelas yang menggunakan metode jigsaw dengan yang tidak menggunakan metode jigsaw. Karena nilai To = 11,21 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,72dan taraf signifikansi 5% =2,72. ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode jigsaw efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan dalam pelajaran bahasa arab di MTS HASANAH PEKANBARU. Kata Kunci: Efektivitas, Metode jigsaw, maharoh qira’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Oct 2019 05:05
Last Modified: 16 Oct 2019 05:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21388

Actions (login required)

View Item View Item