Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK PADA BISNIS BATIK MELAYU RIAU SEMAT TEMBAGA PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM

Desi Barokah, - (2019) ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK PADA BISNIS BATIK MELAYU RIAU SEMAT TEMBAGA PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNG.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

Desi Barokah, (2019): Analisis Strategi Diferensias Produk Pada Bisnis Batik Melayu Riau Semat Tembaga Prespektif Ekonomi Islam” Masalah penelitian ini adalah dalam proses pembuatan produk pihak semat tembaga sudah menerapkan strategi diferensiasi seperti pola batik yang unik mengikuti zaman, batik yang dibuat tidak pasaran berbeda dengan batik pada umumnya, selain itu juga mengemas produk batik dengan kemasan yang bagus. Namun fenomena yang didapat jumlah pendapatan mengalami naik turun pertahunnya. Penelitian ini dilaksanakan pada bisnis Batik Melayu Riau Semat Tembaga di Jalan Kuantan No.42 Sekip Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Strategi diferensiasi produk pada bisnis Batik Melayu Riau Semat Tembaga, apa faktor pendukung dan penghambat dalam strategi Diferensiasi produk Batik Semat Tembaga Riau, bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi diferensiasi produk pada Bisnis Batik Semat Tembaga Riau. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 1 pemilik dan 10 karyawan. diambil sampel sebanyak 4 orang dengan metode purposive sampling. dan pembeli yang tidak diketahui jumlahnya maka diambil sampel dengan kuota sebanyak 40 orang dengan metode accidental sampling. dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Kemudian dianalisis mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Strategi Diferensiasi Produk Pada Bisnis Batik Melayu Riau Semat Tembaga mengunakan Strategi Difrensiasi produk mencakup bentuk, fitur, kualitas barang, kesesuain, daya tahan, keandalan, mudah diperbaiki, gaya dan rancangan, semua dijalankan namun untuk keunikan lebih fokus kepada rancangan yang mengikuti zaman sesuai dengan umur agar diminati oleh kalangan anak muda dan dari tanggapan responden persentase tertinggi adalah tangapan tentang indikator rancangan yang unik sebesar 39 orang atau 97,5%. namun untuk tanggapan bahwa tidak adanya garansi 32 orang atau 80 %. Faktor pendukung di antaranya: kemajuan teknologi, tenaga kerja produktif yang banyak yang sudah memiliki skil dalam bidang membatik, adanya kerjasama dengan Dianas Pariwisat, dan faktor penghambat: masih kurangnya minat membatik, Bahan baku kesulitan dalam bahan baku. Tinjauan Ekonomi Islam dalam strategi diferensiasi batik semat tembaga yaitu: bahan baku yang digunakan aman dan halal, dan kualitas produk juga bagus tidak merugikan salah satu pihak. Kata Kunci: strategi, diferensiasi, produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:03
Last Modified: 08 Oct 2019 07:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21136

Actions (login required)

View Item View Item