DEVI SURYANI (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 INDRA PRAJA TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013688PMT.pdf Download (738kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dalam penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa, dengan melihat ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Reciprocal Teaching dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Reciprocal Teaching. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada perbedaan antara rata-rata kelas ekperimen dan kelas kontrol yang dipengaruhi oleh model pembelajaran Kooperatif melalui pendekatan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Lingkaran? dan Bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Kooperatif dengan pendekatan Reciprocal Teaching pada materi Lingkaran ?. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Dengan populasi siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Indra Praja Tembilahan Tahun Ajaran 2012/2013 dan pengambilan sampel secara random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari dokumentasi, tes matematika yang berisi soal-soal matematika untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika siswa dan angket sikap siswa dengan model skala Likert untuk melihat sikap siswa terhadap model pembelajaran Kooperatif melalui pendekatan Reciprocal Teaching. Berdasarkan analisis data dari hasil tes akhir dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Kooperatif melalui pendekatan Reciprocal Teaching lebih baik daripada kemampuan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, hal ini dilihat dari ratarata siswa ekperimen lebih besar dibanding kelas kontrol sehingga pembelajaran yang diterapkan memberikan pengaruh yang baik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan jawaban-jawaban dari angket sikap siswa, ternyata siswa memberikan sikap positif terhadap model pembelajaran Kooperatif melalui pendekatan Reciprocal Teaching
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 03:42 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 03:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2112 |
Actions (login required)
View Item |