NILAM ARUMI HANUM (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA HANDAYANI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013684PMT.pdf Download (511kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa SMA Handayani Pekanbaru yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa SMA Handayani Pekanbaru yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional? ”, dan “Apakah terdapat perbedaan kemandirian belajar matematika siswa SMA Handayani Pekanbaru yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional ? ”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Posttest-only Design with Nonequivalent Group, dalam penelitian ini guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Handayani Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi pertatap muka, tes, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan selama lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dan pertemuan terakhir dengan mengadakan postes dan penyebaran angket. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran aktif tipe peer lessons lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons memberikan pengaruh positif dalam pembelajaran matematika khususnya dalam pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 03:42 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 03:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2109 |
Actions (login required)
View Item |