ERMAWATI (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013612PMT.pdf Download (507kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan penerapan model pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep terhadap prestasi belajar matematika siswa SMPN 12 Pekanbaru dengan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan signifikan penerapan model pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep terhadap prestasi belajar matematika siswa SMPN 12 Pekanbaru dengan metode konvensional? Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dimana variabel dalam penelitian ini tidak bisa dikontrol secara penuh. Dalam penelitian ini subjek dan objek berperan langsung dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 12 Pekanbaru yang berjumlah 228 siswa yang terdiri dari 7 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian diambil dua kelas yaitu kelas VIII4 sebagai kelas kontrol dan VIII7 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Advanc Organizer dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan tes t dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran dari kedua kelas. Berdasarkan analisis data, diambil kesimpulan bahwa terjadi perbedaan signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 03:42 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 03:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2104 |
Actions (login required)
View Item |