Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AZAB KUBUR DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian dalam Tafsir Al-Munir)

ABU HASAN (2017) AZAB KUBUR DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian dalam Tafsir Al-Munir). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
10 BAB V (1).pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “AZAB KUBUR DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian dalam Tafsir Al-Munir)”. Selaku seorang muslim tentunya mempercayai bahwa standar yang diberikan al-Qur’an dalam menjalani hidup ini merupakan sesuatu yang terbaik, termasuk azab kubur yang akan dilalui dan itu berlangsung semenjak seseorang itu mati sampai kelak datang hari kiamat. Mereka yang berbahagia memperoleh kenikmatan di alam kuburpun berlangsung sampai hari kiamat. Azab perlu dikaji secara mendalam terutama azab ketika seseorang berada di alam kubur. Penelitian ini dikaitkan dengan kitab Tafsīr alMunīr karya Wahbah al-Zuhaili. Kitab tafsir ini adalah kitab tafsir yang lengkap, komprehensif, dan bahkan mencakup semua asfek yang dibutuhkan oleh pembaca. Kitab ini menjelaskan tiga unsur utama, yaitu: aqīdaḧ, syari’aḧ, dan manhaj. Sedangkan penelitian ini tergolong kepada unsur aqīdaḧ. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ayat-ayat tentang azab kubur dalam al-Qur’an dan untuk mengetahui penafsiran Wahbah al-Zuhaili terhadap ayat-ayat tentang azab kubur. Metode yang digunakan dalam mengungkapkan makna kata ‘adzab dalam al-Qur’an adalah dengan metode tematik. Maksudnya penulis mengumpulkan ayat-ayat yang mengandung kata ‘adzab dalam al-Qur’an, kemudian mengidentifikasikannya, mencari asbābun nuzūl-nya, serta mencantumkan hadis-hadis untuk mendukung pembahasan ini. Selain itu, juga beberapa informasi dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Kata ‘adzab secara keseluruhan disebutkan dengan 31 bentuk derivasinya yang digunakan sebanyak 372 kata yang tersebar pada surat-surat diberbagai tempat. Maka dari 372 kata ‘adzab tersebut, penulis menemukan empat ayat yang berkaitan dengan azab kubur, yaitu: Q.S. al-An’ām [6]: 93, Q.S. alTawbaḧ [9]: 101, Q.S. Ghāfir [40]: 45-46, dan Q.S. al-Ṯūr [52]: 45-47. Salah satu contoh penafsiran oleh al-Zuhaili adalah Q.S. Ghāfir ayat 45-46. Al-Zuhaili menafsirkan kata بِ َذا َ الْع ُ وء ُ س) azab yang buruk) dengan “Ruh Fir’aun dan kaumnya setelah kematian berada di alam barzakh atau alam kubur. Sebelum datangnya hari kiamat, mereka akan diperlihatkan neraka dan dibakar didalamnya setiap pagi dan sore, sampai datangnya hari kiamat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 26 Sep 2019 13:14
Last Modified: 26 Sep 2019 13:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20792

Actions (login required)

View Item View Item