Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTRIBUSI KOPERASI PONDOK PESANTREN (KOPONTREN) DARUL IKHLAS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI USTAD DAN USTAZAH (Studi Kasus Pondok Pesantren Ma’had Darul Ikhlas Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal)

MHD IRPAN (2017) KONTRIBUSI KOPERASI PONDOK PESANTREN (KOPONTREN) DARUL IKHLAS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI USTAD DAN USTAZAH (Studi Kasus Pondok Pesantren Ma’had Darul Ikhlas Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Mhd Irpan, (2017) : Kontribusi Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Darul Ikhlas Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Ustatd dan Ustazah”(Studi Kasus di Koperasi Pondok Pesantren Ma’had Darul Ikhlas Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal). Penelitian ini di latar belakangi oleh keberadaan Kopontren Darul Ikhlas serta perannya dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi ustadz dan ustazah di Pondok Pesantren Ma’had Darul Ikhlas. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kontribusi Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Darul Ikhlas dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi Ustadz dan Ustazah, serta perspektif ekonomi Islam terhadap kontribusi Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Darul Ikhlas dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi Ustadz dan Ustazah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kontribusi Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Darul Ikhlas dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi Ustadz dan Ustazah, serta perspektif ekonomi Islam terhadap kontribusi Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Darul Ikhlas dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi Ustadz dan Ustazah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, adapun yang menjadi lokasi penelitian adalah Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Darul Ikhlas di Pondok Pesantren Ma’had Darul Ikhlas Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Observasi, wawancara, angket, analisis dokumen dan studi pustaka. Sumber data yang dingunakan yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 53 orang maka sample yang di ambil sebanyak 30 orang. Dengan demikian penelitian ini mengunakan metode (purposive sampling). Sedangkan analisis data menggunakan metode diskriftif kualitatif. Setelah dianalisa maka dapat diambil kesimpulan bahwa kontribusi Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Darul Ikhlas dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi Ustad dan Ustazah cukup membantu dalam berbagai kebutuhan anggotanya seperti : pemberian simpan pinjam yang dapat dipergunakan oleh para anggotanya, bagi hasil dagangan yang bisa menguntungkan kedua belah pihak dan sewa kelola mesin jahit untuk para anggotanya. Ditinjau dalam ekonomi syari’ahnya bahwa Kopontren Darul Ikhlas belum sepenuhnya berpedoman dengan apa yang dianjurkan syara’ karena di dalam salah satu programnya yaitu peminjaman modal usaha masih menggunakan bunga yaitu bunga sama halnya dengan riba dan riba adalah perbuatan dosa, tetapi dalam operasionalnya dalam melakukan transaksi menggunakan ijab qobul, tanda bukti tertulis (kwitansi) di situ sudah mengikuti syara’ dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 21 Sep 2019 07:30
Last Modified: 21 Sep 2019 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20549

Actions (login required)

View Item View Item