Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EKSISTENSI TAREKAT NAQSYABANDIYYAH DIKALANGAN ALUMNI PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE ALHIDAYAH KAMPAR YANG ADA DI DESA TERANTANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

INDRA SAPUTRA (2017) EKSISTENSI TAREKAT NAQSYABANDIYYAH DIKALANGAN ALUMNI PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE ALHIDAYAH KAMPAR YANG ADA DI DESA TERANTANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BABA III (1).pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Tarekat Naqsyabandiyyah sudah lama dikenal oleh masyarakat luas dan akrab dengan kehidupan pesantren yang ternyata mendapatkan berbagai macam respon, baik itu respon positif maupun respon negatif. Para alumni pesantren memandang tarekat sebagai jalan yang baik untuk mendekatkan diri terhadap Allah, bahkan banyak yang tertarik dengan tarekat Naqsyabandiyyah, tetapi untuk mengikuti dan terjun menjadi anggota atau murid mereka berfikir belum saatnya mengikuti hal-hal keagamaan tersebut. Hal ini disebabkan karena di lain sisi ketika bermasyarakat dan beragama mereka cenderung mengikuti apa yang berkembang di masyarakat yang cenderung bergaya hidup (life style) materialistik tapi juga sekularistik. Kenyataan ini pada gilirannya menghantarkan penulis untuk pada keputusan untuk meneliti dua permasalahan utama; Bagaimana perkembangan Tarekat Naqsyabandiyyah yang ada di desa Terantang kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Bagaimana eksistensi Tarekat Naqsyabandiyyah dikalangan alumni pondok pesantren Islamic Centre AlHidayah Kampar yang ada di desa Terantang kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Untuk mendapatkan keterangan dan penjelasan tentang permasalahan di atas, ditempuh melalui observasi kelapangan dan mewawancarai jamaah Tarekat Naqsabandiyyah serta alumni pondok pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar yang ada di desa Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Data-data tersebut nantinya diklasifikasikan serta dianalisis secara seksama untuk selanjutnya ditarik kesimpulan, guna memperoleh jawaban atas pokok permasalahan yang dimaksudkan. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapati bahwa alumni pondok pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar yang ada di desa Terantang menjelaskan bahwa tarekat Naqsyabandiyyah yang ada di desa Terantang kecamatan tambang kabupaten kampar bisa menguatkan ketauhidan kepada Allah Swt. melatih diri agar selalu dekat taat kepada Allah Swt. menanamkan jiwa sosial, meningkatkan rasa tolong menolong antar sesama. Tidak hanya itu, pada dasarnya ajaran tarekat Naqsyabandiyaah tidak bertentangan dengan ajaran agama yang dipahami oleh masyarakat desa Terantang, dan mereka telah mengikuti tarekat tersebut dalam kurun waktu yang lama memiliki perubahan sifat ke arah yang lebih baik, seperti sabar, tawakkal dan ridha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Aqidah
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:29
Last Modified: 20 Sep 2019 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20469

Actions (login required)

View Item View Item