Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI MANAJEMEN PENDAPATAN DAN BELANJA DALAM MENINGKATKAN KESEIMBANGAN KEUANGAN PONDOK PESANTREN ITTIHADUL MUSLIMIN KAMPUNG PANGKALAN PISANG KECAMATAN KOTO GASIB KABUPATEN SIAK

DANI FEBRIANTO (2017) STRATEGI MANAJEMEN PENDAPATAN DAN BELANJA DALAM MENINGKATKAN KESEIMBANGAN KEUANGAN PONDOK PESANTREN ITTIHADUL MUSLIMIN KAMPUNG PANGKALAN PISANG KECAMATAN KOTO GASIB KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Dani Febrianto (2017) : Strategi Manajemen Pendapatan dan Belanja Dalam Meningkatkan Keseimbangan Keuangan Pondok Pesantren Ittihadul Muslimin Kampung Pangkalan Pisang Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Seiring berkembangnya pembangunan lembaga pendidikan agama di Kabupaten Siak, seperti pondok pesantren Ittihadul Muslimin mengalami perlambatan perkembangan beberapa tahun belakangan ini. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta menganalisis tentang perkembangan manajemen dan seperti apa satrategi manajemen pendapatan dan belanja pondok dalam memenuhi kebutuhan pondok pesantren Ittihadul Muslimin Kecamatan Koto Gasib Kampung Pangkalan Pisang. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu : Bagaimana strategi manajemen pendapatan dan belanja dalam meningkatkan keseimbangan keuangan pondok pesantren Ittihadul Muslimin di kampung Pangkalan Pisang Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak?, bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap strategi manajemen pendapatan dan belanja dalam meningkatkan keseimbangan keuangan Pondok Pesantren Ittihadul Muslimin di Kampung Pangkalan Pisang Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen pendapatan dan belanja dalam meningkatkan keseimbangan keuangan Pondok Pesantren Ittihadul Muslimin Kampung Pangkalan Pisang Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokunentasi. Data penelitian ini adalah data primer dan data skunder yang kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 orang guru di pondok pesantren Ittihadul Muslimin Kecamatan Koto Gasib Kampung Pangkalan Pisang dan jumlah sample pada penelitian ini sebanyak 3 (tiga) orang. Hasil penelitian ini adalah bahwa manajemen yang diterapkan belum berjalan dengan baik sehingga menghambat perkembangan pondok pesantren itu sendiri. Hasil penelitian ini bahwa strategi manajemen pendapatan dalam meningkatkan keseimbangan keuangan pondok pesantren Ittihadul Muslimin yang terus produktif diperoleh dari hasil kebun sawit, iuran pemondokan, dan usaha depot air galon. Kemudian strategi manajemen belanja pondok pesantren Ittihadul Muslimin sudah sesuai dengan perencanaan dan pembukuannya pun tercatat serta tersusun rapi dalam sebuah laporan kas pondok pesantren. Terakhir hasil peneliian ini bahwa ditinjau dari ekonomi islam terlihat ada yang sesuai dengan ekonomi Islam, dan juga ada sektor manajemen yang belum sesuai dengan tinjauan ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:49
Last Modified: 19 Sep 2019 08:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20442

Actions (login required)

View Item View Item