Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PEMBERIAN ASURANSI JAMINAN KEMATIAN TERHADAP AHLI WARIS BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG DUMAI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

SITI MARYAM (2017) PELAKSANAAN PEMBERIAN ASURANSI JAMINAN KEMATIAN TERHADAP AHLI WARIS BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG DUMAI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Siti Maryam (2016): “Pelaksanaan Pemberian Asuransi Jaminan Kematian terhadap Ahli Waris BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai menurut Perspektif Ekonomi Syariah”. Permasalahan dalam Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan penulis, bahwa terdapat beberapa masalah dalam pelaksanaan pemberian asuransi jaminan kematian terhadap ahli waris, yaitu ahli waris belum menerima sepenuhnya santunan yang diberikan oleh pihak BPJS. Sedangkan dari pihak BPJS menyatakan untuk pemberian asuransi ini telah sepenuhnya sesuai dengan prosedur yang dikeluarkan BPJS. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah Pelaksanaan Pemberian Asuransi JKM (Jaminan Kematian) terhadap Ahli Waris sudah sesuai dari program BPJS itu sendiri. Penelitian ini di lakukan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai yang beralamat di jalan Jenderal Sudirman no 131 Dumai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pemberian Asuransi Jaminan Kematian Terhadap Ahli Waris BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Metode dalam Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif.Pengumpulan data penelitian melalui observasi, Wawancara, angket, dokuments.Populasi dalam penelitian ini adalah pihak BPJS Cabang Dumai dan peserta ahli waris yang mengikuti program jaminan kematian pada BPJS yang berjumlah 12 orang.Sample dari penelitian ini yaitu berjumlah 12 orang yang diambil dari ahli waris peserta yang sudah meninggal. Dikarenakan populasi ini tidak besar maka seluruh populasi dijadikan sample sehingga metode pengambilan sample yang digunakan adalah Total Sanpling. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan pemberian Asuransi Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris BPJS Cabang Dumai belum sesuai karena pihak BPJS belum sepenuhnya memberikan santunan jaminan kematian kepada ahli waris dari peserta yang mengikuti program jaminan kematian dengan program yang telah ditetapkan Oleh pihak BPJS. Dapat dibuktikan dari hasil rekapitulasi angket ialah kurang baik, karena berada pada rentang 0-55 % dari hasil presentase rekapitulasi skor nilai angket yaitu 47,5 %.Serta tinjauan ekonomi syariah belum sesuai dengan prinsip ekonomi Islam,karenadalam menjalani Pelaksanaan Pemberian Asuran JKM (Jaminan Kematian) terdapat unsur gharar (Ketidakjelasan) bagi peserta dalam menerima hasil atau dalam menerima asuransi jaminan kematian bagi ahli waris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 12 Sep 2019 02:59
Last Modified: 12 Sep 2019 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19989

Actions (login required)

View Item View Item