Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP UPAH JASA PENGURUS DANA USAHA EKONOMI DESA SIMPAN PINJAM (UED-SP) DI DESA SUNGAICINA KECAMATAN RANGSANG BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

SITI WASILAH (2017) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP UPAH JASA PENGURUS DANA USAHA EKONOMI DESA SIMPAN PINJAM (UED-SP) DI DESA SUNGAICINA KECAMATAN RANGSANG BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (867kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Upah Jasa Pengurus Dana Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) di Desa Sungaicina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara pemberian upah pada UED-SP di Desa Sungaicina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti yang tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Allah swt., karena upah yang diterima oleh para pengurus dana UED-SP tersebut diambil dari persentase bunga yang telah ditetapkan pemerintah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek pemberian upah jasa pengurus dana UED-SP di Desa Sungaicina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti dan untuk mengetahui tinjauan Fiqh Muamalah terhadap upah jasa pengurus dana UED-SP di Desa Sungaicina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Kantor UED-SP Desa Sungaicina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus UED-SP dan peminjam dana UED-SP, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemberian upah jasa pengurus dana UED-SP di Desa Sungaicina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 orang, namun penulis hanya mengambil sampel sebanyak 28 orang (42%) dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan data primer, data skunder, dan data tertier. Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis melakukan observasi, interview, dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pinjam-meminjam yang diterapkan oleh UED-SP Desa Sungaicina menggunakan sistem imbalan berupa bunga pada saat pengembalian pinjaman tersebut yaitu sebesar 18% pertahun atau 1,5% perbulan. Adapun upah yang diberikan kepada pengurus dana UED-SP merupakan bagian dari persentase bunga tersebut yaitu 10,88% pertahun dari total bunga 18% pertahun atau 0,91% perbulan dari total bunga 1,5% perbulan. Menurut Tinjauan Fiqh Muamalah, upah yang diterima oleh para pengurus dana UED-SP adalah diperbolehkan jika dana UED-SP itu digunakan untuk kebutuhan produktif dan nasabah mengalami keuntungan. Akan tetapi, upah itu tidak diperbolehkan jika dana UED-SP itu digunakan untuk kebutuhan konsumtif dan apabila dana UED-SP itu digunakan untuk kebutuhan produktif namun nasabah mengalami kerugian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 09 Sep 2019 14:06
Last Modified: 09 Sep 2019 14:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19662

Actions (login required)

View Item View Item