Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH DAN HARGA KEDELAI TERHADAP JUMLAH PRODUKSI TAHU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Desa Kampung Baru Kec. Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi )

DESI YENRIATI (2016) PENGARUH PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH DAN HARGA KEDELAI TERHADAP JUMLAH PRODUKSI TAHU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Desa Kampung Baru Kec. Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pengaruh Perubahan Nilai Tukar Rupiah Dan Harga Kedelai Terhadap Jumlah Produksi Tahu Ditinjau Menerut Ekonomi Syaria’ah (Studi Kasus Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi). Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah nilai tukar rupiah dan harga kedelai berpengaruh signifikan terhadap jumlah produksi tahu di desa kampung baru kecamatan cerenti kabupaten kuantan singing dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap pengaruh perubahan tukar rupiah dan harga kedelai terhadap jumlah produksi tahu di desa kampung baru kecamatan cerenti kabupaten kuantan singing. Penelitian ini dilaksanakan pada sebuah pabrik usaha tahu yang berada di desa kampung baru kecamatan cerenti kabupaten kuantan singingi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah nilai tukar rupiah dan harga kedelai berpengaruh signifikan terhadap jumlah produksi tahu di desa kampung baru kecamatan cerenti kabupaten kuantan singingi, dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam nilai tukar dan harga kedelai terhadap jumlah produksi tahu di desa kampung baru kecamatan cerenti kabupaten kuantan singngi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu dengan uji regresi liniear berganda yang diperoleh dari data dokumentasi terhadap rata-rata yang diperoleh dilokasi penelitian dan di olah dengan menggunakan program SPSS versi 20,0 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan data nilai tukar rupiah dan harga kedelai dan jumlah produksi tahu pada tahun 2014-2015. Sedangkan sampel yang digunakan adalah nilai tukar rupiah, harga kedelai dan jumla produksi tahu dua tahun terakhir (2014-2015) yang dikelompokkan secara bulanan Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa dari hasil (uji t) nilai tukar dan harga kedelai berpengaruh signifikan terhadap jumlah produksi tahu di ketahui t-hitung < t-tabel (-4,312 < - 2,080) maka Ho ditolak, Ha diterima, artinya bahwa nilai tukar dan harga kedelai berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah produksi. Kemudian dilihat dari perhitungan ii analisis korelasi didapat lihat besarnya nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,767 artinya bahwa korelasi antara rata-rata nilai tukar rupiah dan harga kedelai memiliki hubungan yang erat terhadap jumlah produksi tahu. Selanjutnya hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,550 yang berarti nilai tukar dan harga kedelai memberikan pengaruh sebesar 55,0% terhadap jumlah produksi tahu. sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Tinjauan Ekonomi Islam tentang nilai tukar dan harga kedelai terhadap produksi tahu di Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti, tidak ditemukan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, dimana pengusaha menjelaskan takaran dari segi kualitas, ukuran, bahan baku, serta biaya beban lain kepada konsumen secara transparan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 09 Sep 2019 13:33
Last Modified: 09 Sep 2019 14:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19659

Actions (login required)

View Item View Item