MIRA SANTIKA (2017) PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI PERTANIAN TERPADU PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20171040PAI.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20171040PAI.pdf Download (836kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20171040PAI.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20171040PAI.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20171040PAI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20171040PAI.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20171040PAI.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20171040PAI.pdf Download (564kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20171040PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20171040PAI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171040PAI.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa penerapan keterampilan bertanya yang tepat dapat membangkittkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan keterampilan bertanya terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan keterampilan bertanya dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan angket. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu satu kali pertemuan tanpa perlakuan yaitu mengadakan pretest, empat kali pertemuan dengan menerapkan keterampilan bertanya dan pada pertemuan keempat mengadakan posttest. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis dengan uji tes-t. Sebelum uji tes-t dilakukan terlebih dahulu diadakan uji persyaratan yaitu uji varian untuk melihat homogenitas data dan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data. Setelah dianalisis diketahui bahwa skor rata-rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung > t tabel (-1,706 < 4,6953 > 1,706). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen yang menerapkan keterampilan bertanya dengan kelas kontrol tanpa menerapkan keterampilan bertanya di SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Adanya perbedaan tersebut berarti ada pengaruh positif penerapan keterampilan bertanya terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Provinsi Riau.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 08:59 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 08:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19454 |
Actions (login required)
View Item |