NURMA YUNITA (2018) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA MENURUT ETIKA EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER__2018663EI.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN__2018663EI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK__2018663EI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR__2018663EI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI__2018663EI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I__2018663EI.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II__2018663EI.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III__2018663EI.pdf Download (572kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV__2018663EI.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
||
|
Text
10. BAB V__2018663EI.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018663EI.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku konsumen yaitu mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Suska Riau dalam membeli produk/layanan jasa. Terdapat perilaku konsumen yang tidak sesuai dengan etika konsumsi dalam Islam. Perilaku konsumtif adalah suatu kecenderungan manusia untuk melakukan konsumsi tiada batas, dimana manusia lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Perilaku konsumtif dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu : iklan, konformitas,dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan pengaruh iklan, konformitas, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Suska Riau angkatan 2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Suska Riau angkatan 2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Responden yang menjadi sampel ini sebanyak 78 orang. Sumber data diambil berdasarkan data primer dan data sekunder. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan Iklan (X 1 ), Konformitas (X 2 ), Gaya Hidup (X 3 ), dan Perilaku Konsumtif (Y) Berdasarkan skala iklan menunjukkan koefisien reliabilitas 0,713, konformitas menunjukkan koefisien reliabilitas 0,692, gaya hidup menunjukkan koefisien reliabilitas 0,827, dan perilaku konsumtif menunjukkan koefisien reliabilitas 0,891. Hasil analisis menunjukkan tingkat signifikan X 1 berada pada taraf 0,001 (0,001 < 0,05) dengan R 2 0,839. X 2 berada pada taraf 0,003 (0,003 < 0,05) dengan R 2 0,572. Sedangkan X 3 berada pada taraf 0,022 (0,022 < 0,05) dengan R 2 0,412. Pada tabel model summary dapat diketahui bahwa nilai R Square = 0,531 atau 53,1%. Dapat disimpulkan bahwa H1 , H2 , H3 diterima artinya Iklan, Konformitas, dan Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 53,1% sedangkan sisanya tidak dibahas dalam penelitian ini. Ditinjau berdasarkan etika ekonomi Islam perilaku konsumtif yang terjadi pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Suska Riau tidak sesuai dengan etika ekonomi Islam khusunya etika konsumsi Islam karena masih terdapat perilaku mahasiswa yang suka menghambur-hamburkan uang dan berbelanja tidak sesuai kebutuhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rina Amelia - |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 08:21 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 08:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19265 |
Actions (login required)
View Item |