NOVA NOVITA SARI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 DUSUN PELANDUK KECAMATAN KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017916PGMI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017916PGMI.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017916PGMI.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017916PGMI.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017916PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017916PGMI.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017916PGMI.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017916PGMI.pdf Download (587kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017916PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017916PGMI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017916PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran Kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Dusun Pelanduk Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya siswa kurang aktif bertanya, siswa kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan materi pembelajaran, dan masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran bermain peran dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini di lakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dalam menggunakan teknik penelitian deskriptif dengan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa Model Pembelajaran Bermain Peran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya 41,11%. Kemudian setelah menerapkan Model Pembelajaran Bermain Peran pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 57,20%. Pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 79,86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran bermain peran, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Dusun Pelanduk Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Bermain Peran, Motivasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 01:11 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 01:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19200 |
Actions (login required)
View Item |