SILVIANA ZAINUL (2017) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR SWASTA ALAM DURI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017913PGMI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017913PGMI.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017913PGMI.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017913PGMI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017913PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017913PGMI.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017913PGMI.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017913PGMI.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017913PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017913PGMI.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017913PGMI.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalui penggunaan media video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV Sekolah Dasar Swasta Alam Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar diantaranya siswa kurang memperhatikan guru ketika proses pembelajaran selain itu siswa kurang siap ketika diberikan pertanyaan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media video dan minat belajar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan, diperoleh persentase rata-rata ketercapaian minat belajar 44,04% atau tergolong “cukup”. Kemudian setelah menggunakan media video pada siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 57,02% atau tergolong “cukup”. Pada siklus II minat belajar siswa meningkat dengan persentase 78,21% yang tergolong “baik” dan telah mencapai kriteria maksimal yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Swasta Alam Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci: Media Video, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 01:04 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 01:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19197 |
Actions (login required)
View Item |