SRI WAHYUNI, 11318203425 (2017) PENERAPAN STRATEGI GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VSEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V melalui penerapan strategi Group Resume. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa yaitu dari 37 orang siswa kelas V hanya 18 siswa atau 48,6% yang berpartisipasi aktif mengikuti pembelajaran. Hai ini terlihat dari kurangnya aktivitas siswa seperti bertanya atau memberikan pendapat, siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru, dan ketika dilakukan diskusi siswa kurang aktif, sehingga menuntut kereativitas guru untuk meningkatkan keaktifan siswa khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi group resume dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumantasi. Dengan analisis data yang digunakan adalah aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan rumus presentase, yaitu: P =
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 09:16 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 09:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19184 |
Actions (login required)
View Item |