AKHMAD FAUZAN, 11211100630 (2017) PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (385kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu disiplin guru (variabel X) dan kedisiplinan belajar siswa (variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru, dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh yang signifikan disiplin guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru? Subjek penelitian ini adalah Siswa di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian adalah pengaruh disiplin guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 37 orang, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis statistic dengan menggunakan teknik korelasi product moment dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan disiplin guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru dengan perolehan angka indeks 0,887 lebih besar dari “r” table baik pada taraf signifikan 5% = 0,325 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,418. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan H0 (hipotesa nihil) ditolak. Jadi, ada pengaruh yang signifikan disiplin guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Artinya semakin baik disiplin guru maka semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru dan sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 08:15 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 08:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19166 |
Actions (login required)
View Item |