Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS DAMPAK USAHA GALIAN C TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KORONG PALAK PISANG NAGARI SIKABU KECEMATAN LUBUK ALUNG DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Ajis Asman, - (2019) ANALISIS DAMPAK USAHA GALIAN C TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KORONG PALAK PISANG NAGARI SIKABU KECEMATAN LUBUK ALUNG DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BIOGRAFI PENULIS.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini masyarakat Korong Palak Pisang merasa dirugikan dan kehilangan pekerjaan atas keberadaan operasional galian C yang menggunakan alat berat dan memakai jasa supir truk dari luar daerah setempat, serta juga mengakibatkan lahan pertanian menjadi sempit, akses jalan utama rusak parah dan dampak negative lainnya yang mengakibatkan terganggu kesejahterahan masyarakat setempat. Rumusan masalah dalam skripsi ini ialah bagaimana dampak operasional galian C terhadap kesejahterahan masyarakat Korong Palak Pisang Nagari Sikabu Kecamatan Lubuk Alung, Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap dampak yang ditimbulakan operasional usaha galian C dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun tujuannya ialah untuk mengetahui dampak operasional galian C terhadap kesejahterahan masyarakat Korong Palak Pisang Nagari Sikabu Kecamatan Lubuk Alung, untuk mengetahui tinjauan ekonomi islam terhadap dampak yang ditimbulakan operasional usaha galian C dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Skripsi ini berbentuk penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Korong Palak Pisang Nagari Sikabu Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Subjek penelitian adalah para petani yang berada di Korong Palak Pisang beserta para pejabat Nagari dan Korong, sedangakan objeknya ialah operasional galian C tersebut. Adapun jumlah populasi dan sampel dalam skripsi ini adalah 54 orang, diantaraya 52 orang petani dan 2 orang pejabat daerah setempat. Penulisan ini menggunakan metode Total Sampling. Teknik pengumpulan datanya ialah wawancara, angket, dan dokumentasi dan penggalian data dari data primer dan data sekunder. Teknik analisa data ialah deskriptif kualitatif dan teknik penulisannya ialah deskriptif. Hasil penelitian dampak usaha galian C terhadap kesejahteraan masyarakat, dilihat dari pendapatan masyarakat menjadi berkurang karena masyarakat yang berkerja sebagai petani tidak bisa berkerja dilahan tersebut sebab digunakan usaha galian C, masyarakat yang bekerja sebagai petani sulit memenuhi kebutuhan pokonya karena kehilangan lahan untuk berkerja, sulitnya ekonomi keluarga sehingga banyak anak-anak putus sekolah dan pergi keparantauan guna mencari pengalaman dan membantu ekonomi keluarga, tidak ada kesempatan kerja yang ditimbulkan usaha galian C terhadap masyarakat karena mayoritas masyarakat sekitar berkerja sebagai petani. Menurut ekonomi Islam Sebagai pengusaha muslim harus menganalisa dampak yang ditimbulkan dari usaha dijalankan sehingga dapat memberi respon positif dan berdampak baik pada lingkungan sekitar usaha, sedangakan usaha galian C yang berada di Korong Palak Pisang bertentangan dengan prinsip ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 03 Sep 2019 07:35
Last Modified: 03 Sep 2019 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19059

Actions (login required)

View Item View Item