EKA PEBRIYANI, 11218201497 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN PERMAINAN APAKAH AKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan permainan apakah aku di sekolah dasar negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan permainan apakah aku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan tiap siklus yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, yang sebanyak 3 siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Tiap siklus subjek penelitian ini adalah guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Naumbai tahun ajaran 2016-2017 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan permaian apakah aku untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi. Teknik analisa data penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisa deskriptif. Hasil penelitian menujukkan aktivitas belajar siswa pada sebelum tindakan yaitu 39,8% dengan kategori “Gagal” karena berada pada rentang 0-49%. Artinya aktivitas belajar siswa sebelum tindakan jauh dibawah indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kemudian setelah menerapkan permainan apakah aku pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 63,40% dengan kategori “Cukup” karena berada pada rentang 60-69%. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa semakin meningkat menjadi 70,47% dengan kategori “Baik” karena berada pada rentang 70-79%. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Pada siklus III, aktivitas belajar siswa semakin meningkat menjadi 82,42% dengan kategori “Sangat Baik” karena berada pada rentang 80-100% artinya, sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan peningkatan aktivitas blajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar terjadi melalui penerapan permainan apakah aku.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 05:53 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 05:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18817 |
Actions (login required)
View Item |