Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI GERAKAN MAGRIB MENGAJI BAGI REMAJA KELURAHAN PERAWANG KECAMATAN TUALANG SIAK SRI INDRAPURA

Ilyas, - (2019) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI GERAKAN MAGRIB MENGAJI BAGI REMAJA KELURAHAN PERAWANG KECAMATAN TUALANG SIAK SRI INDRAPURA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PENGESAHAN.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB V.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gerakan magrib mengaji yang didasarkan pada Perda Siak no 4 tahun 2013 tentang pendidikan Madrasah, Diniyah, Takmiliyah, Wustha. Ini diatur sedemikian agar remaja memiliki pemahaman keagamaan, akhlak, dan lain sebagainya. Akan tetapi berdasarkan observasi peneliti tidak maksimal seperti yang diharapkan pemerintah tingkat kelurahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi Gerakan Magrib Mengaji Bagi Remaja Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang Siak Sri Indrapura serta Bagaimana tinjauan Fiqih Siyasah Terhadap Gerakan Magrib Mengaji Bagi Remaja Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang Siak Sri Indrapura? Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui implementasi Gerakan Magrib Mengaji Bagi Remaja Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang Siak Sri Indrapura. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif. Lokasi diadakan penelitian ini adalah Kelurahan Perawang, Kec.Tualang, Kab. Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja awal berumur 12-15 tahun sebanyak 23 orang yang aktif mengikuti kegiatan magrib mengaji di masjid al Mukmin kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa implementasi Gerakan Magrib Mengaji Bagi Remaja Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang Siak Sri Indrapura telah terlaksana dengan baik. Sebagaimana diketahui bahwa Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji di mesjid al-Mukmin merupakan salah satu program nasional sekaligus menguatkan keberadaan program serupa yaitu program mengaji dari mesjid itu sendiri sebelum adanya Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji. Selain itu, program ini juga merupakan program yang dicanangkan oleh Bupati Siak dalam meningkatkan kemampuan masyarakat terkhususnya remaja dalam membaca al-Qur’an. Program ini dilakukan setiap harinya yang dimulai setelah Shalat Maghrib dan berakhir sebelum Shalat Isya. Sedangkan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji hanya dilaksanakan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 28 Aug 2019 06:15
Last Modified: 28 Aug 2019 06:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18533

Actions (login required)

View Item View Item