YUDI ANHARI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017722PAI.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017722PAI.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017722PAI.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017722PAI.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017722PAI.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017722PAI.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017722PAI.pdf Download (654kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017722PAI.pdf Download (601kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017722PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017722PAI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017722PAI.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen yang dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa yang masih tergolong rendah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan cara menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pekanbaru. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 dan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Adapun Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 5 Pekanbaru yang terdiri dari VIII.1-VIII.8 yang berjumlah 305 siswa. Dikarenakan jumlah populasi sangat banyak, maka peneliti mengambil dua kelas sebagai sampel secara acak. Kelas VIII.5 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Dan untuk analisis data peneliti menggunakan T-test melalui SPSS 16. Setelah data dianalisis, peneliti menemukan pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pekanbaru. Dari hasil output SPSS 16 dapat dilihat nilai Tes “t” 8,302 dengan df 69 = 2,00 (5%) dan 2,65 (1%). Maka 2,00 < 8,302 > 2,65. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan : berdasarkan analisis data di peroleh bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 02:48 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 02:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18485 |
Actions (login required)
View Item |