Desrawati (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA (KARANGAN NARASI) DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRSDALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B SDN 024 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011829.pdf Download (536kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami cerita, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan kemampuan memahami cerita (Karangan Narasi) siswa kelas IIIb SDN 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIb tahun pelajaran 2008-2009 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita (Karangan Narasi) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IIIb SDN 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang. Adapun waktu penelitian ini bulan Juni sampai dengan Oktober 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya Penerapan model pembelajaran kooperatif Practice Rehearsal Pairs pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan memahami cerita (Karangan Narasi) siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil tes pada Siklus I rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa hanya mencapai 66%, yaitu dalam kriteria rendah karena berada pada rentang 61-70%. Sedangkan hasil pengamatan pada siklus II rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 74, yaitu berada pada rentang 71-85%. (dalam kriteria sedang). Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan Penerapan model pembelajaran kooperatif Practice Rehearsal Pairs dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 07:44 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 07:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1832 |
Actions (login required)
View Item |