Nelly Novita (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK DALAM SEBUAH ALINEA DENGAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 026 KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011735.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menemukan ide pokok dalam sebuah alinea pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV dengan materi menemukan ide pokok dalam sebuah alinea. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode drill dapat meningkatkan kemampuan siswa menemukan ide pokok dalam sebuah alinea pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 026 Kuok, Kecamatan Bangkinang Barat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN tersebut yang berjumlah 20 orang siswa. Sedangkan objeknya adalah peningkatan kemampuan belajar Bahasa Indonesia kelas IV pada materi di atas dengan menggunakan metode drill. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2010, pada mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan, teknik pengumpulan data melalui observasi, sedangkan teknik analisis data adalah membahas hasil penelitian yang tertuang dalam tabel – tabel. Dari hasil penelitian sebelum tindakan kemampuan belajar siswa berada pada posisi rendah dengan skor 52%, setelah diadakan tindakan dengan sebutan siklus pertama serta menerapkan metode drill, rata – rata persentase hasil belajar siswa mencapai 60%, sedangkan pada siklus kedua terjadi peningkatan sebesar 76.25 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 07:23 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 07:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1825 |
Actions (login required)
View Item |