SURIMUSTIKA (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 KABUPATEN BINTAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017697PMT.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017697PMT.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017697PMT.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017697PMT.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017697PMT.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017697PMT.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017697PMT.pdf Download (764kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017697PMT.pdf Download (790kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017697PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017697PMT.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017697PMT.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 17 Kabupaten Bintan yang ditandai dengan siswa kesulitan menjawab soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan. Masalah tersebut diatasi dengan menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) yang membantu siswa memahami masalah dengan membagi permasalahan menjadi bagian-bagian tertentu untuk mencapai solusi akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara siswa yang diajarkan dengan model MEA dan siswa yang diajarkan dengan model langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 17 Kabupaten Bintan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kabupaten Bintan, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Bedasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan awal tinggi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran MEA dengan model pembelajaran langsung, 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan awal sedang yang diajarkan menggunakan model pembelajaran MEA dengan model pembelajaran langsung, 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan awal rendah yang diajarkan menggunakan model pembelajaran MEA dengan model pembelajaran langsung. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran MEA dengan model pembelajaran langsung. Dengan demikian, secara umum terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran MEA terhadap pemahaman konsep, namun tidak terdapat pengaruh yang signifikan jika ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 17 Kabupaten Bintan. Kata Kunci: Means-Ends Analysis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:52 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18213 |
Actions (login required)
View Item |