Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 KABUPATEN BINTAN

SURIMUSTIKA (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 KABUPATEN BINTAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017697PMT.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017697PMT.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017697PMT.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017697PMT.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017697PMT.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017697PMT.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017697PMT.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017697PMT.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017697PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017697PMT.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017697PMT.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 17 Kabupaten Bintan yang ditandai dengan siswa kesulitan menjawab soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan. Masalah tersebut diatasi dengan menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) yang membantu siswa memahami masalah dengan membagi permasalahan menjadi bagian-bagian tertentu untuk mencapai solusi akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara siswa yang diajarkan dengan model MEA dan siswa yang diajarkan dengan model langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 17 Kabupaten Bintan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kabupaten Bintan, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Bedasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan awal tinggi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran MEA dengan model pembelajaran langsung, 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan awal sedang yang diajarkan menggunakan model pembelajaran MEA dengan model pembelajaran langsung, 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan awal rendah yang diajarkan menggunakan model pembelajaran MEA dengan model pembelajaran langsung. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran MEA dengan model pembelajaran langsung. Dengan demikian, secara umum terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran MEA terhadap pemahaman konsep, namun tidak terdapat pengaruh yang signifikan jika ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 17 Kabupaten Bintan. Kata Kunci: Means-Ends Analysis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:52
Last Modified: 26 Aug 2019 04:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18213

Actions (login required)

View Item View Item