Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA KELAS V SDN 018 KEPALA PULAU KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Hermayanni (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA KELAS V SDN 018 KEPALA PULAU KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011702.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika, hal ini terlihat dari latar belakang masalah yang ada bahwa sebagian peserta didik masih mendapatkan nilai dibawah rata-rata Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 65. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan somatik, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) dapat meningkatkanhasil belajar matematika pada pokok bahasan luas bangun datar peserta didik kelas V SDN 018 Kepala Pulau Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi”. Peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan/ persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Prosedur penelitian ini terdapat beberapa tindakan yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan, sesudah tindakan terdiri dari dua siklus yaitu siklus satu sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus dua sebanyak 2 kali pertemuan. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar matematika. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi pada materi luas bangun datar secara individu terhadap peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung dengan pendekatan SAVI. Pada model pembelajaran langsung dengan pendekatan SAVI pendidik memotivasi peserta didik untuk berperan penuh pada proses pembelajaran. Kemudian pendidik mendemonstrasikan mengenai keterampilan tertentu dihadapan peserta didik. Kemudian beberapa peserta didik dilibatkan dalam mendemonstrasikan apa yang telah didemonstrasikan oleh pendidik tersebut. Melalui kegiatan ini peserta didik dapat melihat dan memperhatikan secara langsung konsep yang dipelajari, sehingga seluruh peserta didik termotivasi untuk aktif dalam pembelajaran dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar, ini terbukti adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum diadakan tindakan hasil belajar siswa mencapai57,8% dan nilai klasikal yaitu 42,8% dengan kategori rendah belum mencapai indikator yang diinginkan yaitu 65 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ada di sekolah SDN 018 Kepala Pulau,sedangkan dengan penerapan model pembelajaran langsung SAVI meningkat menjadi 71,7% dan nilai klasikal 100% dengan kategori tinggi, keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran matematika dengan pendekatan SAVI dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:53
Last Modified: 25 Jan 2016 06:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item