Nedi Efendi (2011) PENERAPAN STRATEGIMOTIVATIONAL DESIGN OF INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI BERCERITA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 059 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011669.pdf Download (607kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Untuk itu maka seorang guru diharapkan mempunyai keterampilan dalam memilih metode yang tepat dalam menyajikan pelajaran sehingga dapat grow motivasi siswa dalam belajar Bahasa Indonesia Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SDN 059 Pulau Rambai, diketahui motivasi siswa dalam belajar Bahasa Indonesia rendah dengan gejala yang ditemukan yaitu dalam belajar Bahasa Indonesia siswa kurang bersemangat mendengarkan penjelasan dari guru, siswa kurang perhatian terhadap materi pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan guru, siswa kurang keterlibatan dalam kegiatan belajar bahasa Indonesia dan siswa tidak mau berusaha mencoba apa yang disuruh oleh guru.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia materi bercerita melalui penerapan Motivasional Design Of Intruction pada Siswa Kelas III SDN 059 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi motivasi belajar bahasa Indonesia siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan Motivasional Design Of Intruction Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan hasil observasi diketahui bahwa motivasi belajar siswa hanya dengan persentase 40% berada pada klasifikasi “Rendah” setelah siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa dengan persentase 55,7% dengan klasifikasi “Sedang.” Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat dan telah mencapai 80% dengan klasifikasi ” Tinggi” Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Strategi Motivasional Design Of Intruction secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 06:40 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 06:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1807 |
Actions (login required)
View Item |