WIDIA WATI, 11218201164 (2017) PENERAPAN STRATEGI SALING MENGAJARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Penerapan Strategi Saling Mengajari di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang yang tidak mencapai KKM yang telah ditentkan dari sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Strategi Saling Mengajari untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidian Kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap seklus 2 kali pertemuan, pengambilan data pada penilitian ini dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Strategi Saling Mengajari dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Hal ini dapat diketahui bahwa sebelum tindakan diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal 42,85% . Sedangkan setelah dilakuka tindakan, hasil belajar pada siklus I yaitu 66,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Kata kunci : Strategi saling mengajari, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 08:43 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 08:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18051 |
Actions (login required)
View Item |