NURLITA INA MERDEKA (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TUNAS KARYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER I_2017646PAI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017646PAI.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017646PAI.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017646PAI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017646PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017646PAI.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017646PAI.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017646PAI.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017646PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017646PAI.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017646PAI.pdf Download (328kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Karya Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membangun perilaku siswa di SMK Tunas Karya Pekanbaru mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI di SMK Tunas Karya Pekanbaru. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, artinya penelitian ini berusaha mengungkapkan secara objektif dan sistematis fakta-fakta atau peristiwa yang terkait dengan munculnya masalah-masalah yang menjadi fokus perhatian penelitian. Dengan cara menganalisa data secara kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dimulai sejak awal penelitian. Dari hasil temuan penelitian disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Tunas Karya Pekanbaru dilaksanakan melalui tahap perencanaan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), ada 18 nilai-nilai karakter yang ditanamkan untuk membentuk karakter siswa, Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI menggunakan 2 cara yaitu melalui integrasi dalam mata pembelajaran (intrakurikuler) pengembangan diri di luar kelas (ekstrakurikuler), Evaluasi dengan cara tes dan pos tes.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 07:29 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 07:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18016 |
Actions (login required)
View Item |