SARI MARCELINA (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017639PMT.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017639PMT.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017639PMT.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017639PMT.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017639PMT.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017639PMT.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017639PMT.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017639PMT.pdf Download (565kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017639PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (860kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017639PMT.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017639PMT.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa matematika berbasis Contextual Teaching and Learning yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi Aritmetika Sosial. Pengembangan LKS berbasis CTL ini dilakukan karena LKS yang digunakan di MTs Darul Hikmah Pekanbaru belum mampu memfasilitasi kemampuan komunikasi matematika siswa yang ditandai dengan rendahnya tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah dosen dan guru sebagai validator, 5 siswa kelas VIII-A3 untuk uji kelompok kecil serta 25 siswa kelas VII-B6 untuk uji kelompok besar. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa berbasis Contextual Teaching and Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas oleh para ahli, angket uji praktikalitas dan tes oleh siswa. Angket uji validitas bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan LKS, angket uji praktikalitas bertujuan untuk mengetahui tingkat kepraktisan LKS, dan tes bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa setelah menggunakan LKS berbasis CTL. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa hasil uji validitas LKS berbasis CTL pada materi Aritmetika Sosial di MTs Darul Hikmah Pekanbaru menunjukkan kriteria valid dengan persentase sebesar 85,21%. Tingkat kepraktisan kualitas LKS berbasis CTL tergolong dalam kategori sangat praktis (89,6% untuk kelompok kecil dan 86,16 % untuk kelompok besar). Sedangkan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah menggunakan LKS berbasis CTL termasuk dalam kriteria Tinggi 81,2%. Hal tersebut menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis Contextual Teaching and Learning ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematika siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Komunikasi Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 07:58 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 07:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17877 |
Actions (login required)
View Item |