Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS IV SDN 028 GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Alfi Inayati (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS IV SDN 028 GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011653.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Hal ini disebabkan sebagian besar siswa tidak mampu menjawab umpan balik yang diberikan guru tentang materi yang baru diajarkan, siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dan guru cendrung menggunakan metode ceramah, akibatnya materi pelajaran yang disampaikan guru sulit dipahami siswa. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dalam meningkatkan hasil belajar Sains pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN 028 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Guided Note Takin pada mata pelajaran Sains, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Sains dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus pertama siswa yang tuntas adalah 11 orang siswa atau ketuntasan masih mencapai 64,71%, secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 15 orang siswa atau dengan persentase 88,24%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN 028 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:55
Last Modified: 25 Jan 2016 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item