Burwati (2011) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS IV SDN 005 PETAI KECAMATAN INUMAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011627.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika murid kelas IV SDN 005 Petai kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif teknik Round Robin dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “bagaimanakah penerapan Pembelajaran Kooperatif teknik Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Kelipatan dan Faktor murid kelas IV SDN 005 Petai Kecamatan Inuman kabupaten kuantan singingi. Penelitian ini merupakan penelitin tindakan kelas, yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitin ini adalah murid kelas IV SDN 005 Petai kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi dan objeknya adalah pembelajaran kooperatif teknik Round Robin dan hasil belajar matematika murid. Prosedur penelitian ini terdapat beberapa tindakan yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan, sedangkan sesudah tindakan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 1 kali pertemuan. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan observasi dan tes hasil belajar matematika. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan murid, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi pada materi Kelipatan dan Faktor secara individu terhadap murid yang mengikuti pembelajaran kooperatif teknik Round Robin. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif teknik Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid denagan baik. Hasil belajar sebelum dan sesudah tindakanterbukti adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. sebelum diadakan tindakan hasil belajar murid mencapai57,3% dan nilai klasikal yaitu 40,9% dengan kategorirendah belum mencapai indikator yang diinginkan yaitu 65 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ada di sekolah SDN 005Petai Kecamatan Inuman, sedangkan dengan penerapan pembelajaran kooperatif teknik Round Robin meningkat menjadi 73,6% dan nilai klasikal 86,4% dengan kategori tinggi, keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif teknik Round Robindapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 03:40 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 03:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1765 |
Actions (login required)
View Item |