Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SOAL CERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEREVIEW QUESTION READ STATE TEST SISWA KELAS IV SDN 016 GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Wirda (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SOAL CERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEREVIEW QUESTION READ STATE TEST SISWA KELAS IV SDN 016 GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011626.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode PQRST pada soal cerita dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan menggunakan Metode PQRST dapat meningkatkan hasil belajar matematika Siswa kelas IV SDN 016 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu guru yang berperan lansung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 016 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar, dan objeknya adalah SDN 016 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar dan hasil belajar siswa. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan, adanya peningkatan hasil belajar Matematika pada materi sifat-sifat operasi hitung setelah penerapan pembelajaran menggunakan metode PQRST pada soal cerita. Dapat dilihat dari nilai rata-rata (siklus) sebelum tindakan lebih kecil dari nilai rata-rata setelah tindakan, dimana rata-rata sebelum tindakan (52.75) dan nilai rata-rata setelah tindakan siklus I ( 57,50 ), siklus II ( 70,25 ). Pada siklus II telah terjadi peningkatan untuk itu Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran PQRST pada soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika SDN 016 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar pada pokok bahasan sifat-sifat operasi hitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:39
Last Modified: 25 Jan 2016 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1763

Actions (login required)

View Item View Item