RIZQON JAMIL FARHAS (2012) ANALISIS PENILAIAN KINERJA (KEUANGAN DAN NON KEUANGAN) PADA SPBU FADLI ELMI NOMOR 14.283.6116 DESA PESAGUAN KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013128MEN.pdf Download (773kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja keuangan dan nonkeuangan pada SPBU Fadli Elmi nomor 14.283.6116 Desa Pesaguan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Analisis penilian kinerja ini menggunakan pendekatan Balance Scorecard yang meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder, baik bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Data primer diperoleh secara langsung melalui survei kepuasan pelanggan menggunakan metode sampling insidental dan survei kepuasan karyawan menggunakan metode sensus, serta hasil dari pengamatan dilapangan dan wawancara dengan manajer SPBU Fadli Elmi nomor 14.283.6116 Kabupaten Pelalawan. Data skunder diperoleh dari dokumen-dokumen tertulis dari SPBU Fadli Elmi, internet, lembaga-lembaga yang terkait, dan studi pustaka. Hasil kuesioner kepuasan konsumen dan karyawan dianalisis melalui uji validatas dan reliabilitas. Penilaian kinerja pada perspektif keuangan dilakukan dengan mengkaji laporan laba rugi, neraca dan arus kas dari laporan keuangan SPBU Fadli Elmi periode 2010, 2011, 2012. Kinerja keuangan diukur dari nilai Current Asset, Debt Ratio, Return on Asset (ROA) dan Total Asset Turn Over (TATO), menunjukan hasil yang memuaskan dengan skor akhir 93.75%. Pada perspektif pelanggan, kinerja SPBU Fadli Elmi dinilai cukup baik dengan skor akhir 70%, yang dianalisis melalui survei kepuasan konsumen dan menghitung tingkat profitabilitas konsumen. Penilaian pada perspektif proses bisnis internal menunjukan hasil yang baik dengan skor akhir 83.3%, kriteria pengukuran dianalisis melalui inovasi penjualan produk dan jasa yang dilakukan, minimalisasi masalah dan kecepatan pelayanan. Kinerja SPBU Fadli Elmi pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai belum optimal dengan skor akhir 66.6%. Kinerja keseluruhan SPBU Fadli Elmi nomor 14.283.6116 Kabupaten Pelalawan melalui pendekatan Balance Scorecard dinilai cukup baik dengan skor akhir 77.98%. SPBU Fadli Elmi sebaiknya memperhatikan aspekaspek nonkeuangan lainnya dan direkmendasikan untuk menggunakan konsep Balance Scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja dalam pencapaian visi, misi dan tujuan perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 03:30 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 03:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1760 |
Actions (login required)
View Item |