FAJRIA ULFA (2017) POTENSI BIOBRIKET DARI EMPULUR BEMBAN (Donax canniformis) SEBAGAI BAHAN AJAR KIMIA SMA KELAS X. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017575PK.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017575PK.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017575PK.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017575PK.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017575PK.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017575PK.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017575PK.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017575PK.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017575PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017575PK.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017575PK.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Perubahan Kurikulum 2006 menjadi Kurikulum 2013 merupakan bentuk pembaharuan kualitas suatu negara. Kurikulum ini bertujuan untuk mencetak generasi yang siap dalam menghadapi tantangan masa depan. Dalam mendukung hal tersebut, pendidik dituntut mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar serta bahan ajar yang sesuai agar proses pembelajaran berlangsung efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi biobriket dari empulur Bemban (Donax canniformis) sebagai bahan ajar kimia SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods) dengan strategi eksploratori sekuensial. Tahap awal dilakukan analisis kebutuhan bahan ajar sehingga didapatkan data kualitatif, dilanjutkan dengan pembuatan bahan ajar dan evaluasi bahan ajar untuk mendapatkan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan bahan ajar pada mata pelajaran kimia, didapatkan pada Kompetensi Dasar 3.1 dan 4.1 materi ilmu kimia dan peranannya membutuhkan bahan ajar. Materi pada Kompetensi Dasar ini membutuhkan bahan ajar yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, aplikatif serta menarik. Kriteria tersebut terdapat pada penelitian laboratorium yang terus berkembang dalam menyelesaikan masalah global. Pembuatan bahan ajar KD 3.1 dan 4.1. dapat bersumber dari penelitian biobriket empulur Bemban. Pada pembuatan biobriket dilakukan variasi konsentrasi perekat tapioka dengan komposisi (serbuk arang: tapioka) masingmasing 96%:4%, 92%:8% dan 88%:12%. Analisis uji kualitas biobriket didapatkan rata-rata kadar air dari tiga variasi sebesar 3,78%, kadar abu sebesar 3,34%. Kadar air serta abu pada setiap variasi memenuhi SNI 01-6235-2000. Nilai kalor tertinggi pada konsentrasi perekat 4% sebesar 5.286 Kal/g memenuhi SNI 01-6235-2000. Langkah kerja dan aplikasi penelitian biobriket ini berpotensi menjadi bahan ajar dalam bentuk poster dengan tingkat kevalidan sebesar 82%. Kata kunci: Biobriket, Empulur Bemban (Donax canniformis), Bahan Ajar, Poster
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 06:23 |
Last Modified: | 19 Aug 2019 06:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17528 |
Actions (login required)
View Item |