Salmiah (2011) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI CERITA ANAK SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 074 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011614.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami cerita anak, khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode driil dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami cerita anak kelas V SD Muhammadiyah 074 pulau payung?. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 074 pulau payung semester genap di tahun pelajaran 2009/2010, terdiri dari 22 orang siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan metode drill untuk kemampuan memahami cerita anak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil tes kemampuan, dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami cerita anak pada sebelum tindakan memperoleh persentase 41%, pada siklus I pertemuan kedua meningkat dengan perolehan persentase 64%, dan setelah perbaikan pada siklus II kemampuan siswa dalam memahami cerita anak meningkat dengan perolehan persentase klasikal adalah 100%. Angka ini telah melebihi angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 75%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 03:24 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 03:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1750 |
Actions (login required)
View Item |