Aisyah Normariza (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI HOLLYWOOD SQUARES PADA SISWA KELAS III C SD NEGERI 013 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011246.pdf Download (792kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Sains siswa khususnya pada pokok bahasan bumi dan alam semesta setelah mengikuti strategi hollywood squares. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan strategi hollywood squares dapat meningkatan hasil belajar Sains siswa pada pokok bahasan bumi dan alam semesta di kelas III C SD Negeri 013 Tampan Pekanbaru?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa III C SD tahun pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang siswa yang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah menggunakan strategi hollywood squares untuk meningkatkan hasil belajar Sains siswa. Dari analisis data dapat diketahui peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dan ke siklus III. Pada siklus pertemuan pertama rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 62,5%, pertemuan kedua mencapai 67,5%, sedangkan hasil belajar pada siklus II pertemuan ketiga rata-rata hasil belajar siswa mencapai 72,5% dan terjadi peningkatan pada pertemuan keempat siklus II rata- rata hasil belajar siswa mencapai 85% dengan kategori tinggi, sedangkan hasil belajar pada siklus III pertemuan kelima rata-rata hasil belajar siswa 95%, dan pertemuan keenam pada rata-rata hasil belajar siswa mencapai 100. Pada siklus III untuk memperbaiki hasil observasi yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan strategi hollywood squares dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik. Dengan kata lain strategi hollywood squares dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas III C SD Negeri 013 Tampan Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 02:32 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 02:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1716 |
Actions (login required)
View Item |