Nia Adelina, - (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LEMBAGA KETAHANAN MASYARAKAT DESA SUKARAMAI KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
01. Cover.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
02. PENGESAHAN NIA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
03. Abstrak.pdf - Published Version Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
04. PENGHARGAAN.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
05. DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB I fix.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB II.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
08. BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V fix.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam 3) Untuk pengaruh kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas LKMD Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah pengaruh kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas LKMD Sukaramai. Populasi adalah seluruh siswa Muslim kelas X, XI dan XII yang berjumlah 253 orang. Sampel ditarik sebesar 20% dengan jumlah 50 orang. Penarikan sampel dengan teknik proportional stratified random sampling. Untuk mengumpulkan data kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam penulis menggunakan teknik angket dan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam penulis menggunakan teknik dokumentasi. Untuk mengetahui kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam data dianalisis dengan teknik deskriptoif kuantitatif dengan persentase, hasil belajar siswa dianalisis kuantitatif untuk menmperoleh mean atau skor ratarata. Sedangkan untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di SMA LKMD Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar data yang ada dianalisis secara kuantitatif melalui pendekatan statistik dengan teknik korelasi. Korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment kemudian dilanjutkan dengan koefisien diterminasi untuk mengetahui besarnya konstribusi atau sumbangan pengaruh variabel kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar. Setelah data disajikan lalu dianalisis, maka dapatlah disimpulkan bahwa 1) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam tergolong Sangat Baik dengan persentase sebesar 83,38%. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA LKMD Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar tergolong Baik dengan skor rata-rata 83.04. 3) Ada pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas LKMD Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Berdasarkan perhitungan diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,697 lebih besar dari r table baik pada taraf signifikan 5% (0,273) maupun pada taraf signifikan 1% (0,354). Dengan cara lain dapat ditulis dengan 0,2737 < 0,679 > 0,354. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa besarnya pengaruh kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas LKMD Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar adalah sebesar 48,58%. Sedangkan sisanya yakni 51,42% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Kompetensi Profesional, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 03:06 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 03:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16945 |
Actions (login required)
View Item |