Ilham Syafni, - (2019) PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
02. PENGESAHAN.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (874kB) | Preview |
|
|
Text
04. PENGHARGAAN.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
05. DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB II.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
08. BAB III.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
11. Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan atas dasar aktivitas belajar siswa yang rendah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Team Achievment Divissions (STAD) dengan menggunakan Media Index Card Match (ICM) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran kimia khususnya pada materi struktur atom di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu peneliti yang berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran, dan menggunakan teknik purposive sampling dimana kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievment Divissions dengan menggunakan Media Index Card Match (ICM) dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dengan persentase 64,3 %, Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 60,2 %. Selain itu juga dapat dilihat dari statistik inferensial menggunakan uji mann-whitney dengan hasil yang didapatkan Zhitung sebesar 2, 93 sedangkan Ztabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,96 sehingga Zhitung>Ztabel (2,93 > 1,96) hasilnya adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievment Divissions (STAD) dengan menggunakan Media Index Card Match (ICM) terhadap aktivitas belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievment Divission (STAD), Index Card Match (ICM), Aktivitas Belajar, Struktur Atom
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 06:53 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 06:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16910 |
Actions (login required)
View Item |