ANA USWATUN HASANAH (2018) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 002 DESA KIYAP JAYA KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018342KOM.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018342KOM.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018342KOM.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018342KOM.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018342KOM.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018342KOM.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018342KOM.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018342KOM.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_2018342KOM.pdf Download (497kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_2018342KOM.pdf Restricted to Repository staff only until 2018. Download (765kB) |
||
|
Text
11. BAB VI_2018342KOM.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018342KOM.pdf Download (465kB) | Preview |
Abstract
SDN 002 Desa Kiyap Jaya Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan merupakan sekolah yang berprestasi sangat baik. Guru sebagai tenaga pengajar merupakan salah satu faktor penunjang prestasi tersebut. Efektivitas seorang guru dalam pembelajaran bergantung pada seberapa efektif komunikasinya dengan siswa di dalam dan di luar kelas. Komunikasi yang berlangsung antara guru dan murid adalah komunikasi interpersonal. Guru dan siswa merupakan dua komponen yang dapat dianalogikan seperti teori simbiosis mutualisme yaitu peran yang saling menguntungkan satu dangan yang lain. Jika salah satu komponen saja yang aktif tentunya tidak akan menghasilkan dampak yang maksimal. Namun masih ada beberapa siswa yang masih memiliki prestasi yang kurang baik dan takut untuk bertanya kepada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar siswa SDN 002 Desa Kiyap Jaya Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yakni metode dimana data akan diolah dalam bentuk angka dan setelah itu dideskripsikan dalam bentuk kalimat. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian dan diolah dengan rumus analisis regresi linear sederhana dengan bantuan melalui program SPSS. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar siswa SDN 002 Desa Kiyap Jaya Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan hal ini dikarenakan nilai t hitung 12,933 > 2,032 t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel komunikasi interpersonal guru berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar siswa, Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Diperoleh persamaan regresi Y=3,785+0,861 yang menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai komunikasi interpersonal maka nilai prestasi bertambah 0,861. Besarnya pengaruh variabel komunikasi interpersonal guru terhadap variabel prestasi belajar siswa adalah sebesar 83,1%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar regresi ini. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ms. Eva Susilawati |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 03:04 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 03:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16325 |
Actions (login required)
View Item |