SRI OKTAVILA AULYA (2018) KEBIJAKAN BANK NAGARI CABANG PARIAMAN DALAM USAHA PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 1998 TENTANG PERBANKAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER__201896IH.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN__201896IH.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK__201896IH.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR__201896IH.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI__201896IH.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I__201896IH.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II__201896IH.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III__201896IH.pdf Download (391kB) | Preview |
|
![]() |
Text
9. BAB IV__201896IH.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
|
Text
10. BAB V__201896IH.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__201896IH.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Penulisan penelitian ini di latar belakangi dengan masih banyaknya nasabah pada Bank Nagari Cabang Pariaman yang mengalami kredit bermasalah (Non Performing Loan). Dimana nasabah atau debitur di Bank Nagari Cabang Pariaman mayoritas bekerja sebagai pedagang, nasabah mengalami kemerotan dalam usaha bahkan ada yang mengalami gulung tikar, sehingga menyebabkan nasabah atau debitur banyak yang tidak mampu melunasi kreditnya dengan tepat waktu sebagaimana mestinya yang sesuai dengan pengertian kredit di dalam UU No. 10 tahun 1998 tentang Perbankan. Hal ini menyebabkan kurang sehatnya perjalanan kredit pada Bank Nagari Cabang Pariaman. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya kredit bermasalah pada Bank Nagari Cabang Pariaman, dan bagaimana kebijakan Bank Nagari Cabang Pariaman dalam usaha penyelesaian kredit bermasalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa penyebab kredit bermasalah pada Bank Nagari Cabang Pariaman dan untuk mengetahui bagaimana kebijakan Bank Nagari Cabang Pariaman dalam usaha penyelesaian kredit bermasalah Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian Yuridis Sosiologis yaitu penelitian yang langsung mengumpulkan data di lokasi penelitian terhadap pelaksanaan aturan hukum pada masyarakatdan sifat penelitian ini adalah deskriptif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer yaitu pengamatan atau observasi dan wawancara dengan pihak terkait, kemudian Data Sekunder yaitu data yang diperoleh melalui studi kepustakaan yang berupa bahan tertulis seperti buku dan peraturan perundang-undangan. Analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penulis bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya kredit bermasalah pada Bank Nagari Cabang Pariaman berasal dari dua faktor yaitu dari pihak bank selaku kreditur dan nasabah selaku debitur, dimana pihak debitur mengalami kondisi usaha yang menurun dan kurang adanya itikad baik, sedangkan faktor dari kreditur yaitu dimana pihak bank tidak melakukan pengawasan dan analisis yang mendalam serta tidak melakukan prinsip kehatihatian terhadap pemberian kredit yang sesuai dengan UU No. 10 tahun 1998 tentang Perbankan. Dan penyelesaian kredit bermasalah pada Bank Nagari Cabang Pariaman yaitu dengan cara penagihan kredit secara langsung, melakukan pendekatan persuasif, selanjutnya rekstrukturisasi, memberikan surat peringatan/ somasi, dan apabila tidak diindahkan oleh debitur maka bank akan melakukan penyitaan agunan dan melakukan pelelangan sesuai dengan UU No. 10 tahun 1998 tentang Perbankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 297 Islam > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mrs Rina Amelia - |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 05:23 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 05:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |