ARDIANSYAH (2018) RANCANG BANGUN E-MARKETPLACESEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN PROMOSI UMKM KOTA PEKANBARU PADA DINAS KOPERASI UMKM KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018502SIF.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018502SIF.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018502SIF.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018502SIF.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018502SIF.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018502SIF.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018502SIF.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018502SIF.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_2018502SIF.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_2018502SIF.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
11. BAB VI_2018502SIF.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018502SIF.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Dinas Koperasi UMKM kota Pekanbaru merupakan instansi pemerintahan yang memiliki tugas dalam mempromosikan produk UMKM kota Pekanbaru. Dalamrangka melaksanakan tugas tersebut strategi yang diterapkan saat ini adalah pengadaan kegiatan pameran, kerjasama dengan pihak ketiga serta menyediakan layanan konsultasi bisnis. Namun, dari strategi ini dinilai kurang efektif karena masih banyak terdapatkelemahan seperti besarnya biaya yang dibutuhkan, terbatasnya UMKM yang bisa ikut serta, singkatnya waktu,serta kecilnya ruang lingkup promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem e-Marketplacesebagai media pengembangan promosi bagi UMKM kota Pekanbaru. Dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfalldan pada perancangan menggunakan Object Oriented Analysis Design. Analisis biaya dan manfaat pada penelitian ini menggunakan metode Payback Perioddan Return On Invesment.Hasil dari penelitian ini adalah sistem e-Marketplaceberbasis web. Hasil uji Black Box yang dilakukanterhadap fitur yang terdapat pada e-Marketplaceyang dibuat berjalan 100%. HasilujiUser Acceptance Testterkait tingkat penerimaan userterhadap sistem yang di buat adalah 92,6%. Hasil uji terhadap 5 browseryang berbeda sistem mampu berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil pengujian sistem yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sisteme-Marketplaceyang dibuat dapat berjalan dengan baik dengantingkat penerimaan sistem sangat baik.Kata Kunci:e-Marketplace, Payback Period,Return On Invesment, UMKM, User AceptenceTest.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 03:58 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 03:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15271 |
Actions (login required)
View Item |