Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH AKTIVITAS FUNDRAISING ZAKAT BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN BENGKALIS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT

NUR ALFISYAH (2018) PENGARUH AKTIVITAS FUNDRAISING ZAKAT BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN BENGKALIS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

BAZNAS Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu lembaga zakat yang ada di Kabupaten Bengkalis yang aktif dalam menghimpun dan menyalurkan dana zakat. Tentu saja dalam menghimpun dana zakat ada aktivitas atau kegiatan yang dilakukan dalam menghimpun dana zakat yang biasa disebut dengan aktivitas fundraising zakat. Permasalahan dalam penelitian ini ialah apakah aktivitas fundraising zakat di BAZNAS Kabupaten Bengkalis berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mana populasi dalam penelitian ini ialah 160 orang muzakki dan sampel yang diambil ialah 62 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah teknik angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Kemudian, berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa adanya pengaruh yang cukup kuat antara aktivitas fundraising zakat badan amil zakat nasional (baznas) kabupaten bengkalis terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis regresi linear sederhana yang menyatakan bahwa f hitung (13.393) >f tabel (4.00), sesuai dengan kriteria pengujian signifikansi pada uji linieritas maka apabila f hitung > f tabel, maka Ho ditolak. Hasil yang sama juga didapatkan setelah melakukan uji t yang menyatakan bahwa t tabel = 2,000 < t hitung = 3,660, maka artinya Ho ditolak. Sesuai denganinterpretasi koefisien korelasi nilai r, menunjukkan tingkat pengaruh yang cukup kuat karena nilai r yang diperoleh sebesar r = 0,427 (0,400,599 Korelasi Cukup Kuat). Kata kunci : Aktivitas,fundraising, zakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 302.2 ??
Divisions: ?? dak_md ??
Depositing User: Users 14152 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:20
Last Modified: 05 Jul 2019 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15206

Actions (login required)

View Item View Item