Afrita Ariani (2010) PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN DISCOVERY DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 039 AIR TERBIT KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2011295.pdf Download (501kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS setelah menggunakan staregi pembelajaran Inkuiri dan Discovery dengan lingkungan sebagai sumber belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III SDN 039 Air Terbit?” Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 039 Air Terbit Kecamatan tapung dan objeknya adalah minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas III SDN 039 Air Terbit kecamatan Tapung dengan menggunakan lingkungan sebagai media. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan test, lembar pengamatan dan dokumentasi. Penulis memberikan tes setelah proses tindakan dilakukan dari semua pokok bahasan yang diberikan. Analisa data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi, kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian dari analisa tindakan diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media lingkungan sebagai sumber adanya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini terlihat adanya peningkatan kuantitas belajar dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (68,46%), dan siklus II (83,30%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 03:47 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 03:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1510 |
Actions (login required)
View Item |