FIRRIA KURNIA SUWARNY PAULINA (2018) STRATEGI MANAJEMEN HUBUNGAN NASABAHPT PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL II PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201856KOM.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201856KOM.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201856KOM.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_201856KOM.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201856KOM.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201856KOM.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201856KOM.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201856KOM.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_201856KOM.pdf Download (643kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_201856KOM.pdf Restricted to Repository staff only until 2018. Download (1MB) |
||
|
Text
11. BAB VI_201856KOM.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_201856KOM.pdf Download (479kB) | Preview |
Abstract
Banyaknya perusahaan dengan produk layanan jasa gadai menuntut PT Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru untuk tetap eksis dimata nasabahnya. Setiap perusahaan memiliki strategi tersendiri dalam meningkatkan kepuasan nasabahnya. Sebagai perusahaan BUMN, PT Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru memiliki strategi yang dilakukan melalui manajemen hubungan nasabah untuk membentuk kepuasan nasabahnya. Dengan memberikan alur prosedur yang begitu mudah, cepat dan biaya yang relatif ringan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi manajemen hubungan nasabah PT Pegadaian Kanwil II Pekanbaru dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut dilakukan analisa dan menginterpretasikan arti data yang dimaksud. Hasil penelitian ini adalah bahwa PT Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru menggunakan strategi komunikasi dalam menjalin hubungan dengan nasabahnya yang mana strategi komunikasi ini sejalan dengan manajemen hubungan nasabah. Strategi yang dilakukan tersebut terdiri dari 3 cara, yaitu (1) relationship marketing dengan menjalin kerjasama ke komunitas kampus dan bisnis, (2) superior customer service dengan memberikan pelayanan yang prima kepada nasabah, (3) penanganan keluhan nasabah baik secara langsung maupun melalui website. Ketiga cara ini dapat dilakukan nasabah baik secara online ataupun offline dimana ketiganya merupakan upaya untuk meningkatkan kepuasan nasabah dan mempertahankan nasabah yang ada. Kata Kunci : Strategi, Manajemen Hubungan Nasabah, Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ms. Eva Susilawati |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 03:51 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 03:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15086 |
Actions (login required)
View Item |