Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Akuntansi Persediaan Pada PT. Coca-Cola Amatil Indonesia Cabang Pekanbaru dengan Kesesuaian PSAK No. 14 Tahun 2014

Maini Awwiya Rizki, - (2019) Analisis Akuntansi Persediaan Pada PT. Coca-Cola Amatil Indonesia Cabang Pekanbaru dengan Kesesuaian PSAK No. 14 Tahun 2014. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persediaan barang dagang adalah Aktiva yang tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha normal perusahaan dagang. Permasalahan utama dalam akuntansi adalah pencatatan dan penilaian persediaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penilaian dan pencatatan persediaan pada PT. Coca-Cola Amatil Indonesia Cabang Pekanbaru telah sesuai dengan PSAK No.14. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa data dokumentasi dan arsip-arsip perusahaan tahun 2016-2017. Kemudian data yang telah dikumpulkan dari perusahaan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dengan cara mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data sehingga diperoleh gambaran masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya metode pencatatan dan penilaian persediaan pada PT Coca-Cola Amatil Indonesia Cabang Pekanbaru telah sesuai dengan PSAK No. 14 dengan menerapkan metode perpetual dalam proses pencatatan persediaan barang dagangan. Sedangkan untuk menilai persediaan barang dagangan PT Coca-Cola Amatil Indonesia Cabang Pekanbaru menerapkan metode FIFO. Namun ada beberapa penyebab sehingga terjadi adanya selisih barang diantaranya barang hilang, salah input surat jalan sehingga perhitungannya tidak sesuai. Sehingga dari permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa kurangya SDM yang berkompenten dalam proses keluar masuknya barang. Dari penelitian tersebut penulis menyarankan untuk melakukan penelitian tidak hanya pada bidang retail tetapi juga pada bidang manufaktur karena hal tersebut biasa terjadi dalam dunia perdagangan. Kata Kunci : Persediaan, PSAK No. 14, Pencatatan Persediaan Penilaian Persediaan.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: ?? 330 ??
Divisions: ?? ek_akd ??
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:03
Last Modified: 04 Jul 2019 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item View Item