Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM INFORMASI PERMOHONAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN BERBASIS WEBGIS(Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perindustriandan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi)

AMALIA WULANDARI (2018) SISTEM INFORMASI PERMOHONAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN BERBASIS WEBGIS(Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perindustriandan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPMPTSPPTK) Kota Bukittinggi merupakan dinas yang bergerak dalam pelayan kepada masyarakat terutama pada proses Izin Mendirikan Bangunan (IMB). IMBmerupakansalah satu perizinan teknis yang di kelola oleh DPMPTSPPTK. IMB adalah izin yang diberikan pemerintah daerah kepada seseorangatau kelompok/badanuntuk mendirikan suatu bangunan yang bertujuan agar desain, pelaksanaan pembangunan, dan bangunan sesuai dengan rencana tataruang yang berlaku. Pada saat ini pada DPMPTSPTK Kota Bukittinggi dalam proses permohonan, pehitungan retribusi pemetaan IMB dan pembuatan laporan masih dilakukan secara manual, belum adanya pemetaan IMB secara digital untuk penentuan lokasi tanah menjadikan proses perizinan menjadi lebih lama. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun WebGeographic Information System(WebGIS)permohonan IMB menggunakan aplikasi Quantum Geographic Information System(QGIS)untuk mendigitasi peta, menggunakan frameworkBootstrapdan Mapbox GlJsuntuk menampilkan peta. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfallsebagai metodepengembangan perangkat lunak, menggunakan Blackbox Testingdan User Acceptance Testing(UAT)dalam pengujian dan implmetasi sistem.Hasil penelitian ini berupasistem informasi permohonan izin mendirikan bangunan berbasis WebGIS yang diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pemetaan lokasiIMB sehingga admin dapat dengan mudah mengetahui dengan cepat lokasi tanah yang telah diterbitkan IMB-nya, mengetahui detail dari bangunan yang telah diterbitkan IMB-nya dan mempermudah dalam proses permohonan IMB, perhitungan retibusi dan pembuatan laporanIMB dan retribusi.Kata kunci:IMB,Pemetaan Lokasi IMB, Permohonan, Sistem Informasi, WebGIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 004 ??
Divisions: ?? st_sif ??
Depositing User: Users 14631 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:12
Last Modified: 03 Jul 2019 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14968

Actions (login required)

View Item View Item