Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARIHUBUNGAN ANTARA DATATES MASUKDAN KINERJA SATPAN(Studi Kasus: PT. Sigap Prima Astrea Pekanbaru)

AHMAD TABRANI (2018) PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARIHUBUNGAN ANTARA DATATES MASUKDAN KINERJA SATPAN(Studi Kasus: PT. Sigap Prima Astrea Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT. Sigap Prima Astrea Pekanbaru adalah perusahaan yang menyediakan tenaga satuan pengaman (satpam) untuk daerah Riau. Permasalahan yang sering terjadi saat ini adalah satpam yang diterima memiliki kinerja kurang baik. Hal ini berdampak buruk bagi perusahaan, yaitu mengurangi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Kesalahan memilih satpam ini bisa diminimalisir jika perusahaan bisa memprediksi kinerja calon satpam yang akan diterima. Tugas akhir ini mencari aturan asosiasi antara data tes masukdan laporan kinerja satpam untuk memprediksi kinerja calon satpam tersebut. Algoritma yang digunakan untuk mencari aturan asosiasi tersebut adalah Apriori. Sebelum dilakukan proses Apriori, dilakukan terlebih dahulu proses Chi-Squareterhadap data untuk memilih atribut-atribut yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja satpam. Selanjutnya data diklaster menggunakan algoritma K-Means. Setelah itu masing-masing klaster dilakukan proses Apriori. Hasil percobaan menunjukkan bahwa calon satpam yangmemiliki logika berfikir baik cenderung akan memiliki kinerja yang baik juga dengan nilai pendukung sebesar 54% dan nilai keyakinan sebesar 100%.Kata Kunci: Apriori, Chi-Square, kinerja, k-means, Satpam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 510 ??
Divisions: ?? st_sif ??
Depositing User: Users 14631 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 03:58
Last Modified: 03 Jul 2019 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14851

Actions (login required)

View Item View Item