Ili Yanti (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201167.pdf Download (600kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah meningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Nurul Huda melalui penerapan strategi pembelajar tutor sebaya. Motivasi dalam belajar merupakan salah satu faktor yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, karena motivasi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Jika hasil belajar yang diperoleh siswa rendah maka tentulah tujuan pembelajaran tidak sepenuhnya. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi adalah suatu garis-garis haluan untuk bertindak dalam usaha untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan. Berdasarkan studi pendahuluan penulis di MI Nurul Huda khususnya siswa kelas V, ternyata motivasi belajar Al-Qur’an Hadits masih rendah. Untuk itu penulis tertarik untuk mencarikan solusi sehingga diharapkan motivasi siswa meningkat. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penerapan strategi pembelajaran Tutor Sebaya dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas V MI Nurul Huda Kec. Batang Tuaka Kab. Indragiri Hilir? Penelitian dilakukan dari bulan April-Mei 2010. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Nurul Huda Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir, sedangkan objeknya adalah strategi pembelajaran tutor sebaya dan motivasi belajar. Data penelitian ini akan dikumpulkan dengan teknik observasi kemudian dilakukan analisis deskririftif. Berdasarkan hasil penelitian penulis memperoleh kesimpulan bahwa sebelum tindakan dilakukan motivasi belajar siswa di kelas V MI Nurul Huda Ke. Batang Tuaka Kab. Indragiri Hilir persentasenya keaktifannya adalah 26,32%, ini termasuk dalam kategori rendah yakni berada antara 0-55%. Namun setelah dilakukan penelitian tindakan kelas yaitu dengan menggunakan penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya ternyata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari hasil data yang dilakukan, diperoleh peningkatan ketercapaian indikator 30,53% (Siklus I) menjadi 68,42% ( Siklus II), dan menjadi 87,37% (Siklus III ).Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase pada siklus III, maka penelitian ini dikategorikan “Tinggi”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 01:38 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 01:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1465 |
Actions (login required)
View Item |