Astuti Juliana (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MURID DALAM MENULISKAN HURUF TEGAK BERSAMBUNG PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SNTETIK (SAS) DI KELAS II SD NEGERI 005 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201166.pdf Download (281kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 005 Muara jalai Kabupaten Kampar, ditemui beberapa gejala atau fenomena, seperti; 1) Dari 16 orang murid, 9 (56,3%) kurang aktif dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat dari kurangnya tanggapan murid terhadap materi yang diajarkan guru di depan kelas, 2) Ada 11 murid atau 73,3% murid kurang serius dalam menggikuti proses pembelajaran, hal ini terlihat dari sangat sedikit murid yang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung, 3) Murid kurang bersemangat dalam belajar. Hal ini terlihat hanya 3 hingga 4 orang saja yang mau mengajukan pertanyaan ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: Apakah melalui penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan motivasi belajar murid dalam menuliskan huruf tegak bersambung pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 005 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar? Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) adalah metode ini mengawali pelajarannya dengan menampilkan dan memperkenalkan sebuah kalimat utuh, dengan adanya metode ini diharapkan dapat membantu murid mempelajari dan memperaktikkan menulis huruf tegak bersambung pada pelajaran bahasa Indonesia. Dari penerapan metode ini diharapakan dapat meningkatkan motivasi belajar murid dalam menuliskan huruf tegak bersambung pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 005 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase yang dikemukakan anas sudjono. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I rata-rata persentase 63% dengan kategori “sedang” karena berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rata-rata persentase sebesar 77% dengan kategori “Tinggi” karena berada pada rentang 76%-100%. Artinya keberhasilan murid telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan (75%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 01:36 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 01:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1464 |
Actions (login required)
View Item |